Sirkuit Sachsenring - Sirkuit balap Sachsenring terletak di kota Hohenstein-Ernstthal dekat
Chemnitz, dengan alamat
Verkehrssicherheitszentrum Sachsenring Am Sachsenring 2 09353 Oberlungwitz di negara bagian Saxony, Jerman. Dulunya disekitar kota Chemnitz, jalan umum sepanjang 8,9m digunakan sebagai balap mobil dan motor hingga tahun 1990. Dikarenakan jumlah penduduk yang semakin padat pada tahun 1996 dibangunlah sirkuit baru 5Km sebelah barat dari Chemnitz dan mulai dipakai untuk menyelenggarakan balap MotoGP sejak 1998.
Nama sirkuit diambil dari balap jalanan yang
dimulai sejak 26 Mei 1927 di kota Hohenstein-Ernstthal, yang pada tahun 1937
masyarakat menyebutnya sebagai "Sachsenring". Nama balap inilah yang akhirnya dipakai sebagai nama
sirkuit Sachsenring.
Sirkuit Sachsenring yang mempunyai tikungan yang sempit menjadikan
Sachsenring sebagai salah satu sirkuit dengan rata-rata catatan waktu yang
terlama dibandingkan sirkuit-sirkuit lainnya. Karakter sirkuit yang mirip roller coaster dan aspal yang paling bergelombang di dunia, sehingga membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi. Pemilihan ban juga menjadi sangat sensitif karena banyak tikungan dan harus berakselarasi di trek ini.
Panjang : 3.671 m/2,281 mil
Lebar : 12m
Tikungan kiri : 10
Tikungan kanan : 3
Trek Lurus terpanjang : 700m/0.435 mil
Konstruksi : 1996
Modifikasi : 2003
Marquez, Crutchlow dan Rossi berbicara mengenai Turn 11 Sachsenring atau disebut juga Waterfall (air terjun ) dikarenakan tikungan ke 11 adalah salah satu tikungan right- hander, di mana setelah tikungan ada turunan yang cukup tajam. Oleh karena itulah tikungan maut ini disebut waterfall
Daftar Pemenang di Sirkuit Sachsenring Jerman :
Marquez: " Tikungan itu sangat bagus, masalahnya adalah banyak tikungan ke kiri sebelum sampe ke turn 11, tikungan itu sangat cepat dengan 50% gas dan ketika bagian depan slide maka itu akan berbahaya. Aku jatuh di tempat itu ketika di Moto2. tikungan Itu sedikit berbahaya.
Crutchlow: " aku sangat menyukai tikungan yang cepat jadi aku tidak ingin tikungan itu diubah. Tapi kita melihat banyak rider yang jatuh ditempat itu dalam beberapa tahun ini.
Rossi: "setiap kali aku melewati turn 11 selalu ada bendera kuning. Ada yang menyalahkan ban, ada juga yang menyalahkan layout sirkuitnya. Tahun depan kami harus bekerja dengan Bridgestone untuk mengatasi masalah ini. Untuk mengatasi masalah ini dual compound ban depan mungkin bisa digunakan untuk meminimalisir crash. Dulu aku membalap dengan menggunakan Michellin dengan dual compound ban depan, Hard pada bagian tengah dan soft di bagian pinggir. Aku dengar ketika Bridgestone membuah dual compound pada ban depan para rider tidak menyukainya, tapi aku belum pernah mencobanya. Bagiku merubah layout sirkuit lebih susah dibandingkan dengan membuat ban depan. Tikungan ini sangat fantastic dan aku tidak ingin merubahnya, tapi pertama-tama kita harus mendahulukan safety.
Daftar Pemenang di Sirkuit Sachsenring Jerman :
2004 : Max Biaggi Honda
2005 : Valentino Rossi Yamaha
2006 : Valentino Rossi Yamaha
2007 : Dani Pedrosa Honda
2008 : Casey Stoner Ducati
2009 : Valentino Rossi Yamaha
2010 : Dani Pedrosa Honda
2011 : Dani Pedrosa Honda
2012 : Dani Pedrosa Honda
2013 : Marc Marquez Honda
sumber : gparena, beritasirkuit, facebook, MGP.TRANS7
2013 : Marc Marquez Honda
sumber : gparena, beritasirkuit, facebook, MGP.TRANS7
4 komentar:
sip ajib :D
thx dah mampir ak.. :)
josh gan..
lawatan balik bro
thx telah mau mampir gan... :)
Post a Comment