Sirkuit Laguna Seca
merupakan sirkuit yang terletak di kota Monterey, California, Amerika Serikat, dengan alamat sirkuit MAZDA RACEWAY LAGUNA SECA P.O. Box 2078 Monterey, CA 93942 USA. Pertama
kali dibuka pada tahun 1957 setelah menghabiskan dana 1,5 juta dollar AS, dan
biasa disebut sebagai sirkuit terkenal di Amerika Utara. Selain digunakan untuk
ajang balap MotoGP Sirkuit ini menjadi tuan rumah bagi kontes adu balap seperti USRRC, Can-Am, Trans-Am, Formula 5000, IMSA GT, Champ Car,
American Le Mans Series, Grand-Am, Superbike World Championship, MotoGP dan Rolex Monterey Motorsports Reunion.
Laguna Seca pernah menjadi tuan rumah pada
acara Grand Prix pada tahun 1988-1994, Khusus untuk MotoGP, sirkuit ini pertama
kali menggelarnya pada tahun 1991. Ketika itu pembalap Yamaha, Eddie Lawson,
tampil sebagai juara. tetapi dengan adanya kemajuan mesin balap MotoGP maka pada
tahun-tahun berikutnya untuk sementara acara motoGP dihentikan menunggu untuk dilakukan
modifikasi dan disesuaikan untuk memenuhi persyaratan keselamatan.
Setelah Desember 2004 sirkuit Laguna Seca mengalami
perubahan besar, terutama dalam segi keamanan. Tahap pertama dari modernisasi
adalah perluasan trek, penggantian trotoar dan pelebaran trek. Perubahan
terutama pada trek lurus, sementara Fitur utama sirkuit tetap sama, yaitu 11
belokan. Sirkuit laguna Seca kembali menggelar balapan Moto GP tahun 2005 Pada
tahun tersebut Nicky Hayden berhasil keluar menjadi juara bersama
tunggangannya, Honda RC211V.
Sirkuit Laguna Seca yang merupakan sirkuit
terpendek dalam dikalender MotoGP memiliki arah yang berlawanan dengan arah jarum jam
dan memiliki tikungan-tikungan aneh yang tidak dimiliki di sirkuit-sirkuit lain
yang digunakan untuk balapan motoGP, tikungan yang yang terkenal yang disebut Corkscrew. Tikungan
kedelapan ini dianggap sebagai salah satu tikungan paling menantang dalam dunia
motor sport. Tikungan tersebut berbentuk menyerupai
huruf ‘U’ dengan landasan yang menurun di akhirnya. Perbedaan topografi pada tikungan ini sangat ekstrem sehingga jika dilihat oleh penonton seakan-akan pembalap meluncur kebawah layaknya roller coaster. Sesuai dengan nama yang diberikan pada tikungan ini, seperti ‘pembuka botol’ pembalap harus menikung sedikit ke kanan, ke kiri kemudian ke kanan lagi pada lintasan lereng yang sangat curam. Biasanya, kecepatan untuk melahap the Corkscrew adalah sekitar 60 kmh. Saking curamnya, saat menuruni the Corkscrew dengan jalan kaki, bisa merasakan vertigo .
huruf ‘U’ dengan landasan yang menurun di akhirnya. Perbedaan topografi pada tikungan ini sangat ekstrem sehingga jika dilihat oleh penonton seakan-akan pembalap meluncur kebawah layaknya roller coaster. Sesuai dengan nama yang diberikan pada tikungan ini, seperti ‘pembuka botol’ pembalap harus menikung sedikit ke kanan, ke kiri kemudian ke kanan lagi pada lintasan lereng yang sangat curam. Biasanya, kecepatan untuk melahap the Corkscrew adalah sekitar 60 kmh. Saking curamnya, saat menuruni the Corkscrew dengan jalan kaki, bisa merasakan vertigo .
Setelah Corkscrew, pembalap bakal menghadapi
dua tikungan cepat yang bisa dilahap dalam kecepatan 135 kmh dan selanjutnya
pembalap harus menghadapi lintasan yang menanjak dengan tikungan kecepatan
rendah (60 kmh). Disinilah salah satu titik yang baik untuk menyalip lawan!
Ciri khas lain dari Laguna seca adalah trek
lurus start/finish yang sangat pendek dengan tikungan
ringan ke arah kiri dan diakhiri dengan tikungan putar balik yang bernama
Andretti Hairpin. Di sektor itu, aspal sirkuit permukaannya ‘bumpy’, sehingga
bisa membuat motor melayang pada kecepatan 270 kmh. Ini salah satu sektor yang
paling diwaspadai oleh pembalap. Walaupun cukup berbahaya, namun karakteristik
ini sangat bisa menunjukkan kemampuan Rider mana yang pas-pasan dan mana Rider Top.
Selain itu pembalap juga harus terbiasa dengan
hard beaking sepanjang balapan. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa
tikungan yang tidak bisa dilalui dengan kecepatan tinggi dan maksimal hanya
50kmh. selain itu motor yang digunakan disini harus disetting untuk bisa
membelok dengan cepat namun tetap stabil dalam tikungan low speed. Jadi jelas
sekali bahwa motor dengan kekuatan besar pun tidak menjamin akan menang disini.
Sirkuit Laguna Seca hanya menggelar balapan
kelas MotoGP dan tidak menggelar balapan untuk kelas 125 cc dan moto2
(dulu 250cc) dengan alasan mesin motor 125 & 250 cc masih menggunakan mesin
2 tak yg tidak ramah lingkungan.tapi toh setelah 250cc di ganti dengan moto2 yg
bermesin 4 tak tetep saja sirkuit ini hanya menggelar Balap MotoGP saja.
Panjang : 3.610m/2,243mil
Lebar : 15m
Tikungan Kiri : 7
Tikungan Kanan : 4
Lintasan lurus : 453m/0,281mil
Dibangun : 1957
Dimodifikasi : 1996
Daftar Pemenang :
2013 : Marc Marquez HONDA
2013 : Marc Marquez HONDA
2012 : Casey Stoner HONDA
2011 : Casey Stoner HONDA
2010 :
Jorge Lorenzo YAMAHA
2009 :
Dani Pedrosa HONDA
2008 :
Valentino Rossi YAMAHA
2007 :
Casey Stoner DUCATI
2006 :
Nicky Hayden HONDA
2005 :
Nicky Hayden HONDA
Sumber : ngobrolmotor, agv48, facebook, balap
6 komentar:
ajib...data sirkitnya lengkap, tinggal tambahin current weather dan temperature kalo mo nyobak nih sirkuit... :)
thx mas bro Sugimasihada... masukan yang bagus,.. nanti ane coba caro
Itu di daftar pemenang kok ada yg dari tahun 2001 sampe 2004?? Kan laguna seca terakhir menggelar motogp pada tahun 1995 dan melakukan renovasi utk memperbaiki tingkat keamanan. Baru kembali menggelar motogp pada tahun 2005, jadi bagaimana bisa rossi memenangkn balapan laguna seca di tahun 2001-2004?????
Lalu, laguna seca setau saya tidak pernah menggelar F1 deh..
welokkk iki, komplet dan lintasannya
terlihat beautifull pokoke
http://pertamax7.com/
heehhee.. thx bro Eden,.. jeli amat :) untuk lomba balap mobil bukan F1 tapi Formula 5000. untuk balap motoGP, benar gak ada di 2001-2004.
thx koreksinya yaaa.
kang ipan,.. thx telah mau mampir...
Post a Comment