Wednesday, July 17, 2013

Sirkuit Laguna Seca

Sirkuit Laguna Seca merupakan sirkuit yang terletak di kota Monterey, California, Amerika Serikat, dengan alamat sirkuit MAZDA RACEWAY LAGUNA SECA P.O. Box 2078 Monterey, CA 93942 USA. Pertama kali dibuka pada tahun 1957 setelah menghabiskan dana 1,5 juta dollar AS, dan biasa disebut sebagai sirkuit terkenal di Amerika Utara. Selain digunakan untuk ajang balap MotoGP Sirkuit ini menjadi tuan rumah bagi kontes adu balap seperti USRRC, Can-Am, Trans-Am, Formula 5000, IMSA GT, Champ Car, American Le Mans Series, Grand-Am, Superbike World Championship, MotoGP dan Rolex Monterey Motorsports Reunion.
Laguna Seca pernah menjadi tuan rumah pada acara Grand Prix pada tahun 1988-1994, Khusus untuk MotoGP, sirkuit ini pertama kali menggelarnya pada tahun 1991. Ketika itu pembalap Yamaha, Eddie Lawson, tampil sebagai juara. tetapi dengan adanya kemajuan mesin balap MotoGP maka pada tahun-tahun berikutnya untuk sementara acara motoGP dihentikan menunggu untuk dilakukan modifikasi dan disesuaikan untuk memenuhi persyaratan keselamatan.

Setelah Desember 2004 sirkuit Laguna Seca mengalami perubahan besar, terutama dalam segi keamanan. Tahap pertama dari modernisasi adalah perluasan trek, penggantian trotoar dan pelebaran trek. Perubahan terutama pada trek lurus, sementara Fitur utama sirkuit tetap sama, yaitu 11 belokan. Sirkuit laguna Seca kembali menggelar balapan Moto GP tahun 2005 Pada tahun tersebut Nicky Hayden berhasil keluar menjadi juara bersama tunggangannya, Honda RC211V.

Sirkuit Laguna Seca yang merupakan sirkuit terpendek dalam dikalender MotoGP memiliki arah yang berlawanan dengan arah jarum jam dan memiliki tikungan-tikungan aneh yang tidak dimiliki di sirkuit-sirkuit lain yang digunakan untuk balapan motoGP, tikungan yang yang terkenal yang disebut Corkscrew. Tikungan kedelapan ini dianggap sebagai salah satu tikungan paling menantang dalam dunia motor sport. Tikungan tersebut berbentuk menyerupai
huruf ‘U’ dengan landasan yang menurun di akhirnya. Perbedaan topografi pada tikungan ini sangat ekstrem sehingga jika dilihat oleh penonton seakan-akan pembalap meluncur kebawah layaknya roller coaster. Sesuai dengan nama yang diberikan pada tikungan ini, seperti ‘pembuka botol’ pembalap harus menikung sedikit ke kanan, ke kiri kemudian ke kanan lagi pada lintasan lereng yang sangat curam. Biasanya, kecepatan untuk melahap the Corkscrew adalah sekitar 60 kmh. Saking curamnya, saat menuruni the Corkscrew dengan jalan kaki, bisa merasakan vertigo .

Setelah Corkscrew, pembalap bakal menghadapi dua tikungan cepat yang bisa dilahap dalam kecepatan 135 kmh dan selanjutnya pembalap harus menghadapi lintasan yang menanjak dengan tikungan kecepatan rendah (60 kmh). Disinilah salah satu titik yang baik untuk menyalip lawan!

Ciri khas lain dari Laguna seca adalah trek lurus start/finish yang sangat pendek dengan tikungan ringan ke arah kiri dan diakhiri dengan tikungan putar balik yang bernama Andretti Hairpin. Di sektor itu, aspal sirkuit permukaannya ‘bumpy’, sehingga bisa membuat motor melayang pada kecepatan 270 kmh. Ini salah satu sektor yang paling diwaspadai oleh pembalap. Walaupun cukup berbahaya, namun karakteristik ini sangat bisa menunjukkan kemampuan Rider mana yang pas-pasan dan mana Rider Top. Selain itu pembalap juga harus terbiasa dengan hard beaking sepanjang balapan. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa tikungan yang tidak bisa dilalui dengan kecepatan tinggi dan maksimal hanya 50kmh. selain itu motor yang digunakan disini harus disetting untuk bisa membelok dengan cepat namun tetap stabil dalam tikungan low speed. Jadi jelas sekali bahwa motor dengan kekuatan besar pun tidak menjamin akan menang disini.

Sirkuit Laguna Seca hanya menggelar balapan kelas MotoGP  dan tidak menggelar balapan untuk kelas 125 cc dan moto2 (dulu 250cc) dengan alasan mesin motor 125 & 250 cc masih menggunakan mesin 2 tak yg tidak ramah lingkungan.tapi toh setelah 250cc di ganti dengan moto2 yg bermesin 4 tak tetep saja sirkuit ini hanya menggelar Balap MotoGP saja.

Panjang : 3.610m/2,243mil
Lebar     : 15m
Tikungan Kiri     : 7
Tikungan Kanan : 4
Lintasan lurus    : 453m/0,281mil
Dibangun           : 1957
Dimodifikasi       : 1996


                    









Daftar Pemenang :
2013    : Marc Marquez HONDA
2012    : Casey Stoner HONDA
2011    : Casey Stoner HONDA
2010    : Jorge Lorenzo YAMAHA
2009    : Dani Pedrosa HONDA
2008    : Valentino Rossi YAMAHA
2007    : Casey Stoner DUCATI
2006    : Nicky Hayden HONDA
2005    : Nicky Hayden HONDA



Sumber : ngobrolmotoragv48facebookbalap





6 komentar:

ajib...data sirkitnya lengkap, tinggal tambahin current weather dan temperature kalo mo nyobak nih sirkuit... :)

thx mas bro Sugimasihada... masukan yang bagus,.. nanti ane coba caro

Itu di daftar pemenang kok ada yg dari tahun 2001 sampe 2004?? Kan laguna seca terakhir menggelar motogp pada tahun 1995 dan melakukan renovasi utk memperbaiki tingkat keamanan. Baru kembali menggelar motogp pada tahun 2005, jadi bagaimana bisa rossi memenangkn balapan laguna seca di tahun 2001-2004?????

Lalu, laguna seca setau saya tidak pernah menggelar F1 deh..

welokkk iki, komplet dan lintasannya
terlihat beautifull pokoke
http://pertamax7.com/

heehhee.. thx bro Eden,.. jeli amat :) untuk lomba balap mobil bukan F1 tapi Formula 5000. untuk balap motoGP, benar gak ada di 2001-2004.

thx koreksinya yaaa.

kang ipan,.. thx telah mau mampir...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More